Selamat datang di Pusat Informasi Kelapa Sawit

Peta Batu Mulia di Indonesia

0 komentar

peta persebaran batumulia Indonesia
Peta Batu Mulia Indonesia / Gemstone Map of Indonesia

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang menakjubkan. Hasil tambang dari minyak bumi sampai kerikil bahan bangunan dapat ditemukan di berbagai tempat di Zamrud Katulistiwa ini. Terletak di 'Ring of Fire', pulau-pulau Indonesia menjadi sumber berbagai macam mineral berharga. Batu mulia menjadi mineral berharga yang dapat ditemukan. Tentunya batu mulia di Indonesia belum semua terdata, bahkan sampai sekarang Indonesia belum terpetakan pada peta batu mulia dunia. Padahal, banyak sekali batu mulia asli Indonesia mempunyai kwalitas bagus dan istimewa.


Salah satu wilayah istimewa di Jawa Barat menghasilkan batu Opal yang sangat indah. Wilayah itu adalah Banten. Batu gemerlap cantik ini lebih terkenal dengan sebutan Opal Kalimaya Banten. Penambangan di aliran Sungai Maja secara tradisional oleh penduduk lokal. Begini lebih bagus daripada diexplorasi oleh perusahaan asing. Jawa Barat juga terkenal akan Akik Garutnya dan beberapa produk batu chrysophase  atau Garut Hijau yang cukup terkenal. Sukabumi menjadi penghasil batu-batu akik cantik, memperkaya produk batu mulia Indonesia.

Ke arah timur, mulai dari Gunung Kidul Wonosari sampai Pacitan terdapat berbagai macam batu agate dengan kwalitas bagus. Berbagai macam Crystal alami ditemukan di berbagai tempat disini. Review tentang batu mulia pacitan bisa dibaca pada artikel 'Batu Akik Batu Mulia Pacitan, Potensi Daerah Terpencil Yang Hampir Terlupakan'.

Daerah Sumatera, daerah yang belum terjamah ternyata mempunyai jenis Batu Giok  atau Jade yang sangat menawan. Terkenal dengan nama Sungai Dare, Giok Sumatera ini menjadi favorit para pecinta batu di Indonesia. Banyak sekali permintaan batu cantik ini di pasaran Jogjakarta dan sekitarnya.

Kepulauan Maluku, Halmahera terdapat jenis batu istimewa dengan harga lumayan tinggi di pasaran Batu Mulia Indonesia. Batu tersebut bernama Bacan, kebanyakan berwana hijau mengkilat. Batu ini juga sangat diminati oleh pecinta batu. Penambangan yang sulit membuat batu Bacan menjadi salah satu batu mulia langka dan mahal.

Kalimantan merupakan pulau terbesar wilayah Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar batu. Salah satu batu mulia berharga dari daerah ini adalah Intan di Martapura. Pulau Borneo juga terkenal akan batu Amethyst-nya, biasa disebut sebagai batu kecubung. Berbagai macam batu kecubung ditemukan di Borneo, mulai dari kecubung ungu, kopi, sampai kecubung teh

Masih terdapat banyak daerah di Indonesia yang mempunyai komoditi batu mulia. Daerah-daerah itu belum tersentuh, dan pasti ada jenis-jenis batu mulia yang belum sempat teridentifikasi. 
Share this article :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Template | Pusat Promosi
Copyright © 2012-2015. Pertambangan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger