Selamat datang di Pusat Informasi Kelapa Sawit

Mengolah Batu Cincin Akik dengan Cara Tradisional

0 komentar


Mengolah Batu Cincin Akik dengan Cara Tradisional: Tak banyak orang yang tahan bergelut dengan dunia batu cincin, Banyak jenis batu akik yang dengan keindahan batu yang mengkilau-kilau membuat para peminat batu akik semakin banyak dari zaman ke zaman para peminat batu akik semakin berTambah. bahkan para peminat batu akik rela menghabiskan isi dompet sampai kandas hanya buat si batu akik mungil ini sungguh mengherankan bagi bukan pecinta/peminat batu akik. tapi bagaimana caranya agar kita tidak menghabiskan banyak uang untuk si batu mungil.Ya itu mungkin dengan membeli batu akik yang masih mentah alias belum diolah, dan setelah itu batu akik yang mentah/belum diolah itu kita olah menjadi batu cincin mudah kan.


4 Langkah Mudah Mengolah Batu Cincin Akik dengan Cara Tradisional

Mula-mula kita harus mempunyai peralatan yg lengkap , karena kita bukan tukang batu akik kita tidak perlu peralatan seperti tukang batu akik, yang kita perlukan hanya peralatan sederhana saja .yang perlu kita siapkan adalah:
  • Grenda tangan ,dan batu grenda potong ,dan batu grenda tebal ,bisa di cari di panglong - panglong terdekat dan harga lebih terjangkau.
  • Sediakan kertas pasir paling halus dua lembar dan kain pasir paling halus ,bilang saja sama penjual yang ada di panglong kertas gosok dempul Atau untuk gosok mesin biar lebih mudah atau dengan kata lain kertas/kain pasir menjadi kertas/kain amplas.
  • Bambu yang kurusnya bagai jari kelingking potong pas di dekat mata bambu ,
  • Lem setan semacam lem altico.
Berikut 4 Langkah Mudah Mengolahan Batu Cincin Akik dengan Cara Tradisional

Langkah pertama;

Batu akik yg mentah/belum diolah sudah pasti ada ea Potong batu akik yg menmentahtah tadi sesuai ukuran dan pola atau bagian yang di inginkan dengan grenda dan mengunakan batu grenda potong Perlu diperhatikan memotong batu akik itu harus dengan perasaan sekali gesekan batu akik yang terpotong hanya setebal selembar kertas ,dan jangan terlalu menekan grenda. karna itu bisa membuat batu menjadi pecah atau retak.

Langkah kedua;

Setelah batu yang kita potong tadi sudah sesuai dengan yang kita ingin kan ,baru kita gunakan bambu yang sebesar jari kelingking tadi . Ujung bambu harus rata dan ujung bambu di beri lem setan (semacam lem tico) dan sebelum lem nya kering segera taruh batu yg tadi di potong tepat di ujung bambu yang tadi di lem unggu sebentar sampai lem benarr -benar kering.

Langkah ketiga;

Jika lem sudah kering , ambil grenda yang menguna-kan mata grenda tebal ,dengan tangan kiri yang memegang bambu yang sudah terlem dengan batu hidupkan grenda dan mulai dengan membentuk batu akik sesuaidengan yg kita inginkan jika anda susah membuat pola nya, saya sarankan Membuat pola dari kertas berbentuk lingkaran yang kita ingin kan dan tempelkan tepat di bawah batu akik yang mau di olah.

Langkah ke empat;

Setelah batu yg di bentuk sudah menjadi bentuk batu cincin, mulai lah dengan menggosok dengan kain kertas yg paling halus tadi dengan di campur kan air agar tidak lecet setelah tidak ada pori-pori yang dalam pada batu mulai gosok dengan kertas pasir yang paling halus tadi dengan di campurkan air dengan sekuat tenaga agar batu menjadumengkilat.
Share this article :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Template | Pusat Promosi
Copyright © 2012-2015. Pertambangan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger